Morfologi Buah Nangka

Category: Uncategorized Comments: No comments

Tanaman buah nangka ini merupakan salah satu jenis buah yang masih kerabat dekat dengan buah lain seperti cempedak, keluwih, dan juga buah sukun, yang mana masih sama-sama jenis tanaman buah tahunan. Pohon nangka ini tergolong jenis pohon yang mempunyai usia tanaman yang sangat panjang, dan tentunya dapat mencapai usia hingga puluhan tahun.

Morfologi Buah Nangka

Pohon Nangka ini rata-rata mempunyai tinggi tanaman hingga mencapai lebih dari 25 meter. Dengan panjang buah rata-rata berukuran  30 hingga 90 cm,secara keseluruhan buah nangka ini mempunyai diameter yang dapat mencapai ukuran 25-50 cm, dengan berat rata-rata hampir 15-20 kg, walaupun demikian, ada juga buah nangka yang mencapai berat hingga mencapai 47-59 kg. Tanaman nangka ini merupakan buah yang dapat memproduksi buah cukup beragam,ada yang bisa menghasilkan hingga 60 buah per pohon per tahun.

Bagian pada buah nangka yang sangat umum untuk dikonsumsi adalah nangka yang masih muda, nangka masak, dan juga biji nangka itu sendiri. Pada tiap komposisi nya terdapat sejumlah gizi yang berbeda di setiap bagian nya.

Baca Juga: Khasiat Tanaman Kakao

Buah nangka yang masih muda setidaknya memiliki beragam komposisi mineral yang cukup bagus yang sangat diperlukan untuk kesehatan jasmani, terutama adanya kandungan seperti kalsium dan juga fosfor, di tiap masing-masing buah yang terdapat sekitar 89 mg dan 108 mg per 100 gramnya. dari situ bisa di lihatbahwa keunggulan dari nangka muda ini adalah banyak mengandung sejumlah karbohidrat yang cukup penting untuk kelangsungan energi yang kita perlukan sehari-hari

Biji buah nangka ini tak luput dari tempat bernaung nya berbagai macam gizi yang ada di dalamnya,yang mana dalam 1 biji nangka saja merupakan sumber karbohidrat utama yang teramat besar hingga mencapai 36,7 g/100 g dan kandungan protein mencapai (4,2 d/100 g), dan energi (165 kkal/100 g), sehingga dengan demikian dapat di kaatkan bahwa biji nangka ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang potensial dan mengenyangkan bagi perut.

Pada setiap 1 biji nangka ini juga terselip sejumlah sumber mineral yang sangat baik. Yang mana kandungan mineral di tiap 100 gram dari biji nangka  ini banyak mengandung fosfor sebanyak (240 mg), kalsium (38 mg), dan zat besi (1,8 mg).

Selain itu,biji nangka ini juga dapat dimakan dalam bentuk utuh, biji nangka juga dapat diolah menjadi bahan baku utama dalam pembuatan tepung. dan selanjutnya dari tepung itu sendiri dapat dihasilkan berbagai makanan olahan berbahan dasar biji nangka.

Cara budidaya bibit Nangka dengan mudah

·         Pemilihan bibit Nangka

Bibit Nangka hasil generatif (alami), hendaknya memilih bakal biji Nangka yang matang di pohon dan jangan mengambil biji dari Nangka yang matang terpisah dari pohonnya. Hal ini dapat mempengaruhi bakal pohon Nangka nantinya. Pilih biji yang mempunyai bentuk yang bulat besar.

Bibit Nangka hasil vegetatif (buatan), Bibit Nangka yang diambil secara vegetatif ini kebanyakan hasil dari proses okulasi. Bibit Nangka vegetatif ini banyak dijual di toko – toko bibit tanaman.

·         Persiapan lahan untuk penanaman bibit Nangka

Lahan yang akan untuk digunakan penanaman bibit Nangka ini sebaiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu dari rerumputan, sisa – sisa pohon tebangan, maupun gulma – gulma. Di sekitar daerah lahan juga harus dipersiapkan aliran drainase yang terstruktur agar tidak ada peristiwa tergenangnya air di daerah lahan. Kegiatan persiapan lahan ini lebih baik dilaksanakan sebelum musim penghujan datang.

·         Proses penanaman bibit Nangka

Ukuran lubang tanam yang dibutuhkan untuk bibit Nangka ini berukuran sekitar 80 x 80 x 70 cm namun bisa juga 70 x 70 x 60 cm. Ukuran lubang tanam untuk bibit Nangka ini disesuaikan dengan kondisi tanahnya. Lubang tanam ini nantinya akan dibiarkan selama 2 – 3 minggu. Jangan lupa lubang tanam tersebut ditutup dengan tanah galian pertama dan tanah galian tersebut campurkan dengan pupuk kandang organik sebanyak 30 kg/lubang.

·         Tahap pemeliharaan bibit Nangka

Tahap penyiangan, pastikan lakukan penyiangan terhadap bibit Nangka yang baru ditanam agar bibit Nangka terbebas dari gulma sehingga pertumbuhan dan perkembangan bibit Nangka ini tidak akan terhambat.

Tahap penyiraman 

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyiraman :

  • Penyiraman awal bibit pohon Nangka ini sebaiknya dilakukan pada waktu pagi dan juga sore hari , lalu kemudian siram dengan air yang cukup dan pastikan agar tidak sampai terjadi penggenangan secara terus menerus.
  • Kebutuhan air yang diperlukan untuk bibit pohon Nangka ini adalah sekitar 4 – 5 L/hari. Apabila sudah berusia dewasa atau lebih dari 2 tahun,maka kebutuhan air bisa bertambah hingga mencapai 10 – 12 L/hari.
  • Setelah bibit Nangka ini berusia 1 bulanan, maka tahap penyiraman air dilakukan sebanyak 3x dalam kurun waktu seminggu. Karena biasanya bibit pohon Nangka ini sudah menunjukkan bakal buah nya.

Berikut adalah Manfaat Buah Nangka

Mengurangi risiko anemia (Kurang Darah)

Buah Nangka merupakan buah yang mempunyai fungsi untuk  menambah kadar darah dan juga dapat membantu bagi para penderita anemia secara signifikan.

Maka dengan demikian  buah nangka ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang mempunyai problem tersebut,namun perlu anda ketahui juga bahwa jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah Nangka ini,pasalnya di dalam buah ini terkandung banyak kadar zat besi yang sangat tinggi dan di takutkan akan menyebabkan penderita mual-mual dan pusing.

Dengan jumlah kandungan zat besi itulah yang dapat berfungsi secara optimal dapat mengurangi risiko anemia,dikarenakan kandungan zat besi ini dapat merangsang meningkatnya kadar hemoglobin di dalam darah agar lebih stabil.

Dapat menghangatkan badan

Buah Nangka sejatinya merupakan buah dasar yang dapat digunakan untuk metode penghangat badan yang efektif selain tanaman jahe. Hal tersebut terjadi karena di dalam buah Nangka  ini memiliki kandungan lain seperti alkohol yang mana hal itu sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Maka dengan begitu banyak orang yang memberi saran agar jangan terlalu banyak menyantap Nangka terlalu berlebihan, karena dapat menimbulkan efek mabuk seperti menenggak minuman keras.

Meningkatkan imunitas tubuh

Buah Nangka ini terkenal akan kandungan vitamin C yang cukup tinggi,setara dengan bauh jeruk dan dapat berfungsi juga sebagai antioksidan, vitamin C di dalam nangka ini sangat baik dalam menjaga imun tubuh. Jika kekebalan tubuh baik, tidak akan mudah terserang penyakit.

Melindungi dari kanker

Buah nangka juga dapat membantu dalam menangkal radikal bebas yang bisa menumpuk di dalam tubuh dan memicu timbulnya penyakit kanker. Vitamin C di dalam buah nangka ini setidaknya bisa meningkatkan kehidupan akan sel-sel sehat yang ada dalam tubuh secara signifikan.

Melancarkan pencernaan

Karena  buah nangka ini mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, maka buah nangka ini sangat baik dalam menjaga kelancaran sistem pada pencernaan. Bagi anda yang mengkonsumsi makanan kurang serat, maka anda bisa makan buah nangka ini secara rutin.

4. Menjaga kesehatan kulit

Mengkonsumsi secara rutin buah nangka di sinyalir juga sangat membantu untuk menjaga agar kulit anda tetap terjaga dari paparan sinar matahari secara langsung,dan juga bmampu menangkal kebakaran kulit akibat secara terus-menerus terkena paparan sinar UV, dan secara efektif juga dapat menghambat adanya proses penuaan dini karena kandungan antioksidan di dalam buah nangka sangat mendominasi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>