FALOAK : TUMBUHAN KAYA MANFAAT

Category: Uncategorized Comments: No comments

Di Indonesia nama tumbuhan faloak memang belum santer terdengar. Bahkan mungkin anda baru pertama kali ini mendangar nama tersebut. Faloak memiliki nama latin sterculia quadrifida r.br, tanaman ini masih satu keluarga atau masih satu jenis dengan tumbuhan kepuh.

Menarik nih coba baca dulu Bibit Kelapa Hibrida

Ciri fisik yang ditunjukkan oleh tumbuhan ini adalah ukurannya yang besar, dengan bentuk daun yang rindang. Selain menjadi tangan peneduh, tumbua. Faloak memiliki kulit pada batang yang sangat bermanfaat sebagai obat dari berbagai macam jenis penyakit.

Kelebihan ini juga dimiliki oleh bagian tumbuhan faloak yang lain, misalnya bagian biji, buah, daun, dan juga bagian batangnya. Dan bagi masyarakat nusa tenggara timur, tumbuhan ini memang sangat mujarab untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit sejak puluhan tahun yang lalu.

Cara pemanfaatan oleh masyarakat nusa tenggara timur yang paling sering yaitu dengan cara merebus ekstrak batang faloak dengan temulawak dengan tujuan untuk ramuan penambah stamina dan baik juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh terutama bagi ibu-ibu pasca melakukan persalinan, baik persalinan normal ataupun caesar.

Tumbuhan faloak (sterculia quadrifida r.br.) Belum terlalu familiar di mata dunia bahkan indoesia sekalipun. Bahkan sebagian besar dari kita baru mendengarnya. Pohon faloak memiliki ukuran yang besar dan daun yang cukup rindang dan masih satu keluarga dengan tanaman kepuh. Kulit faloak ini bisa dijadikan obat berbagai macam penyakit.

Akan tetapi tidak hanya kulitnya saja yang memiliki khasiat biji, buah, daun, maupun batangnya juga memiliki manfaat untuk kesehatan kita. Namun tumbuhan yang banyak ditemukan di wilayah nusa tenggara timur (pulau timor, pulau flores dan sumba) ini diyakini masyarakat setempat sebagai obat herbal yang sangat mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit dari puluhan tahun sebelumnya.

Kunjungi juga toko online tanaman terpercaya Jual Bibit Kelapa Hibrida

Masyarakat jaman dulu di nusa tenggara timur sering memanfaatkan ekstrak batang faloak yang direbus bersamaan dengan temulawak sebagai penambah stamina dan menjaga daya tahan tubuh bagi ibu-ibu pasca melahirkan. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian bahwa kulit ekstrak faloak mengandung flavonoid, alkaloid, terpenoid dan steroid, yang merupakan berbagai zat yang baik untuk kesehatan tubuh.
Oleh sebab itu kini faloak menjadi salah satu bahan baku untuk produksi obat herbal yang paling di cari. Karena ada beberapa manfaat kulit pohon faloak seperti dibawah ini :
 Membantu menangkal radikal bebas
 Penguat sistem kekebalan tubuh
 Mampu membunuh kuman, virus dan mikroba lain yang mengganggu kesehatan tubuh.
 Dapat mengurangi radang dan pembekak
 Mengobati anemia
 Menurunkan hipertensi
 Mengobati demam berdarah
 Obat untuk hepatitis

Siapa sangka tumbuhan faloak yang belum diketahui oleh masyarakat luas ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>